Monday, April 28, 2008

belanja yuuks...

Mmmh, sebenernya postingan ini ga penting. Tapi jadi inget gara-gara tadi chatting sama budi, soal tempe! Iya, disini semua hampir semua yang berhubungan dengan masak-memasak, urusannya sama toko asia. Untungnya di Karlsruhe cukup banyak toko asia, ada khasnya pula. Ada yang jual beras paling murah, cukup banyak-variatif-murah, yang jual cakwe & super tofu, yang paling lengkap tapi mahal, ada yang ga jelas. Nah, untuk urusan tempe, ga disemua toko asia ada, cuma ada di toko Asia Laden (orang Jerman-Thailand yang jualan)cyang mahal, di tokok Asia Store (yang jual orang India) sama di Kim Laden (orang Korea - tapi ga selalu ada). Nah, biasanya kita beli di Asia Laden, karena regular masuk stok barunya, yaitu setiap Selasa. Tapi ya, kl sering2 blanja di toko asia, bisa cepet bokek!

Lain lagi kalau mau beli ikan yang segar & cukup murah, belinya di toko daging Turki, Selvi. Tiap Rabu - Jumat ada yang masuk & cepet abis. Jangan bayangin ikan bandeng, gurame, atau kembung. Disini adanya ikan dorade, makrele, forelle. Kata Prisma ada juga buntut kuning, tapi ga tau juga. Mungkin pagi banget kali ya kl mau belanja.



(Foto rana di DM, Herrenstraße)

Kalau belanjaan standar, ada di swalayan biasa. Ada yang murah semacam diskonter Aldi atau Lidl. Ada yang super lengkap kaya di deket rumah semacam Scheck-in Center atau Edeka, tapi mahal. Selain itu ada toko yang khusus jual kosmetik mandi, kosmetik muka, dll yaitu di DM. Asik kl belanja disana, bukan soal bisa ganti popok gratis, tapi juga ada dispenser air & minum gratis, ada tempat mainnya buat anak kecil. Jadinya kl belanja disitu asik, ibu bisa tenang belanja, ayah bisa gantiin popok rana, abis itu rana bisa main di petak bermainnya. Asik ya... coba ada di Indonesia, tapi mana mungkin?? Yang ada mungkin cepet rusak atau hilang. =D

No comments: