Thursday, May 8, 2008

Serba-serbi Naik Trem di Karlsruhe

Secara Karlsruhe juga bukan kota besar seperti Berlin atau München, jadilah sarana trasportasinya lebih sederhana daripada yang di kota besar. Maksudnya juga bukan becak atau ojek, tapi nggak ada subway atau istilah sini U-Bahn (kereta bawah tanah), jalurnya juga cuma 8 ditambah yang luar kota. Katanya sih, biar kecil gini tapi teknologinya canggih, paling bagus di Eropa. Kebayang khan KRL dan jalurnya? Nah, kl disini nggak cuma model KRL, tapi juga yang ukurannya sedang & kecil. Katanya sih sistem listriknya beda antara model KRL sama trem dalam kota alias yang sedang & kecil, AC dan DC. Tapi disini, trem yang kecil pun bisa masuk ke jalur KRL dengan cara mengubah sistemnya (kl trem biasa misalnya AC trus diubah jadi DC). Caranya? Aku juga ga tahu. Tapi kurang lebih ceritanya begitu. Kalau diamati, trem di Karlsruhe emang lebih lebar dibanding trem di kota lain, mungkin krn bisa masuk jalur KRL jadinya ukuran lebarnya disesuaiin ya.

Memang secara desain disini mendukung gaya hidup yang praktis & mudah, jadinya desain trotoar, desain mall, desain wc sampai kereta dan trem pun juga. Contohnya? Selalu didesain untuk memfasilitasi orang yang misalnya naik kursi roda atau yang buat manula, buat sepeda, dan juga kereta bayi. Yah, disini kereta bayi bukan cuma buat jalan ke mall, tapi lebih fungsional karena ibu2 disini memang harus mandiri & kadang/sering harus bawa anak2nya kemana2.


Perilaku orang-orangnya pun harus mendukung. Jadi jangan duduk deh ditempat yang harusnya ada tanda palang merahnya, makan atau minum di dalam trem, kalau ada kereta bayi masuk harus dikasih karena emang tempatnya terbatas juga. Bisa aja kita berantem sama orang atau sewot-sewotan karena ga mau ngalah kasih tempat duduk buat kereta bayi. Hihihi... Ada lagi yang unik. Sekarang kan disini mulai Sommer, jadinya matahari bersinar terik. Nah, adalah di trem bagian2 yang kena sinar matahari sejalan dengan arah trem. Kalau disini orang sebisa mungkin ga ganggu atau diganggu orang, jadinya duduknya sporadis, pilih bangku yang buat sendiri atau bangku yang kosong. Kalau Winter pilih tempat yang enak & sebisa mungkin kena sinar matahari. Tapi yang penting nyaman & ga terganggu. Eh giliran Sommer, orang2 bela2in duduk berdempet2an karena panas bow! Hehehe... jadi kalau pagi2 jalan ke arah Uni, orang bakal milih duduk di sebelah kanan. Jadilah kadang orang ngobrol karena terpaksa duduk bersebelahan & ngomongin soal cuaca. =D

No comments: