Thursday, January 1, 2009

i love fireworks!!!

(Fireworks Show - Heidelberg, Sommer 2006)

Enaknya tinggal di Jerman, bisa nonton kembang api lebih sering daripada di Indonesia. Orang Jerman seneng banget nyulut kembang api, biasanya setiap ada ulang tahun kota, tahun baru, pasar malam, pameran besar, dll dll. Wuih, tontonan gratis 15 menit, tob abiss dah!! Kenapa gratis? Karena mereka (individu atau kota atau event organizer) dengan relanya menghabiskan uangnya buat bakar kembang api yang jadi atraksi utama acara itu. Lumayan, ga mesti di lapangannya juga bisa. Dari rumah keliatan juga kok, kan Karlsruhe ga sebesar Jakarta loh...
.
Contohnya kalau tahun baru. Kita ga perlu pergi kemana-mana atau nyiapin duit banyak supaya dapet tontonan bagus. Tinggal buka jendela kecil kita dan nongkrong dari jam 00.00 sampai 15-20 menit sesudahnya. Paling bagus arah Tenggara, karena ada bukit Turmberg yang biasanya dijadiin tempat favorit buat nyulut petasan. Kalau mau bersusah payah dikit, kita ikut naik bukit itu, cukup jalan kaki 10-15 menit sebelumnya. Pemandangannya emang ekstra: bisa liat juga arah jantung kota yang pastinya penuh dengan ledakan kembang api juga. Toooob deeeehhh! Yah, tapi harus ati-ati juga, soalnya kan ga terorganisir dengan baik, jadi jangan sampe kena sulut. Paling-paling dag dig dug derr soalnya tu kembang api meledak deket banget sama kita. Wuiih... belum baunya... Oiya, disini pemadam kebakaran juga siap sedia loh, takut-takut ada juga yang kena sundut. Alhamdulillah sih so far so gut gitu. Tips kalau mau tahun baruan disini, kalau ada yang niat pasang kembang api, belinya hari Hnya aja, soalnya bakal dijual setengah harga. Pilih yang ada TÜV atau GSnya, yang artinya made in Germany dan dah dites keamanannya. Soalnya kalau buatan Cina, murah tapi kan ga dijamin meledaknya gimana... Ini terbukti ya!

Ya su... selamat menikmati kembang api. Rasanya gimana gitu, kalau bisa mitten drin. Terpesona dengan ilusi dan suasana maginya. Serasa lagi nonton Harry Potter gitu. Caelah.. Dah ah, kebanyakan ceritanya. Selamat tahun baru ya!!

1 comment:

prabhamwulung said...

di jakarta banyaknya petasan rin...