Wednesday, July 2, 2008

I N T I S A R I

(Si Ninja Inti, waktu dia dulu TBC - sekarang dah sembuh)

Ini cerita tentang seseorang yang cukup berjasa di keluarga kami. Panggilannya sih cukup Inti dari nama lengkapnya Inti Sari. Mmh, nama yang bagus bukan? Singkat padat bermakna. Tulisan ini didedikasikan untuk dia, yang sekarang sudah tidak bekerja lagi pada kami.

Alhamdulillah sejak aku kecil sampai sekarang, asisten rumah tangga ibuku jarang berganti. Rata-rata awet semua, walaupun si bapak cukup cerewet dan banyak request. Tapi mereka semua yang sempat bekerja pada kami baik-baik. Peran mereka banyak dalam kelangsungan dan kelancaran keluarga kami. Kalau nggak ada mereka, mungkin ibuku harus menghabiskan banyak waktu di rumah dan ga bisa kerja di luar seperti selama ini. Mereka yang kuingat, Mbok De, Yu Daliah, Yu Umi, Yu Prapti, Acih, dan Inti. Hebat loh mereka. Sebagian dari mereka mulai dari nol dalam urusan rumah tangga sampai akhirnya bisa diserahin kepercayaan ibuku.

Nah si Inti ini mulai dari umur 15 tahun bekerja di rumah. Bukan maksud kami memperkerjakan anak di bawah umur, tapi bagaimana lagi kalau kedua belah pihak sama-sama butuh? Yang penting tidak sampai merampas kebebasan individu dan hak azasi manusia. Inti ini sepupunya Acih, asisten kami sebelumnya yang pulang karena mau kawin tapi ternyata tidak jadi, hehhehe... Pada awalnya Inti belum bisa masak, kenal bumbu juga nggak semua. Sampai dalam kurun waktu enam tahun dia di rumah kami, dia bisa menguasai semua jenis masakan yang ibuku ajarkan. Masakan rumah sampai kue kecil. Dia juga cukup kreatif buat coba-coba resep. Yang jelas, dia jujur & bukan pemalas.
Adalah waktu-waktu dimana dia mulai bosan, mungkin kelamaan kerja di rumah kami ya? Tapi akhirnya tetep kerjanya baik. Dia nggak suka ngeceng macam asisten rumah tangga tetangga kami, dia lebih suka di rumah atau ikut ibu jalan belanja. Lebaran dia nggak pulang kampung, jadinya dia di rumah buat bantu-bantu kami. Dia keluar rumah untuk belanja atau untuk pulang ke rumahnya di Depok atau sesekali pulang kampung ke Kuningan. Anak berbakti deh. Dia akhirnya beli HP setelah sekian lama kerja dan itupun dia masih menghidupi keluarganya. Dia punya pacar setelah 4 tahun bekerja di rumah. Itu pun baik-baik dan diketahui ibu bapak di rumah. Pertama tukang roti, kedua pekerja di sekolah ibu dan sekarang nggak tau lagi. Heheh...

Sekarang dia dah nggak kerja di rumah lagi, tapi kadang masih dipanggil kerumah. Terutama kalau ibu lagi keluar kota atau butuh bantuan buat acara-acara di rumah. Yah, asisten yang sekarang kerja di rumah ABG banget gayanya, katanya sih centil, belum bisa dipasrahi yang penting-penting. Yah, mungkin karena kita keenakan dibantu si Inti, ya? Tapi kita seneng, karena Inti pernah bantu kita. Dia sekarang kerja di Lapo di daerah Depok, karena bisa pulang ke rumah setiap hari. Tapi ya mungkin gajinya nggak sebesar sebelumnya. Yah, yang penting si Inti bisa seneng lah...
Hidup Inti! Trimakasih ya, dah dibantuin selama ini. Juga buat Yu-yu sebelumnya. Kalau perlu rekomendasi, bisa kok aku kasih!
Leb wohl!

No comments: